Publikasi AKAD WAKALAH BI AL-ISTITSMARPublikasi AKAD WAKALAH BI AL-ISTITSMARPublikasi AKAD WAKALAH BI AL-ISTITSMAR
logo
 Publikasi publikasi

Publikasi

Publikasi

AKAD WAKALAH BI AL-ISTITSMAR

AKAD WAKALAH BI AL-ISTITSMAR

Dewan Syariah Nasional MUI telah menerbitkan skema akad baru melalui Fatwa Nomor.126/DSN-MUI/VII/2019 Tentang Akad Wakalah Bi Al-Istitsmar.

Wakalah Bi Al-Istitsmar merupakan akad wakalah atau kuasa untuk menginvestasikan modal Muwakkil baik dengan imbalan (Wakalah bi al-ujrah) maupun tanpa imbalan (wakalah bi ghairi al-ujrah).

Skema Wakalah Bi Al-Istitsmar secara singkat dapat dipahami sebagai berikut :
1. Investor (Muwakkil) memberikan wakalah (kuasa) kepada Wakil untuk menginvestasikan (mengelola dan mengembangkan) dananya (Akad Wakalah bi al-istitsmar).
2. Wakil menginvestasikan dana Muwakkil dengan berbagai akad yang sesuai dengan prinsip syariah.
3. Investasi dapat membuahkan hasil atau risiko.
4. Seluruh hasil dan risiko menjadi hak dan beban Muwakkil.
5. Pengembalian Dana Investasi kepada Investor (Muwakkil).

Pada praktek bisnis syariah, Akad Wakalah Bi Al-Istitsmar dapat diterapkan untuk praktek bisnis investasi untuk reksa dana syariah, serta untuk entitas bisnis baru yakni fintech syariah, dimana pemilik dana (investor/muwakkil) dapat memberikan wakalah kepada perusahaan penyelenggara untuk mengelola dananya sesuai syariah.

Akan tetapi pelaksanaan Akad Wakalah Bi Al-Istitsmar ini juga tidak terlepas dari Fatwa-fatwa lainnya seperti dalam hal Akad Wakalah Bi Al-Istitsmar dilakukan dengan pemberian Ujrah, maka hal ini wajib mengacu pada Akad Wakalah bi-al ujrah.





Publikasi AKAD WAKALAH BI AL-ISTITSMAR

Latest Publikasi

Pelaksanaan Sita Eksekusi Terhadap Obyek Jaminan Grosse Akta Hipotek Berupa 3 Kapal Laut di Pengadilan Agama BalikpapanPelaksanaan Sita Eksekusi Terhadap Obyek Jaminan Grosse Akta Hipotek Berupa 3 Kapal Laut di Pengadilan Agama Balikpapan
Alhamdulillah pada tanggal 25 Juni 2020, Firma Hukum Dewan Syam & Partners selaku kuasa hukum dari salah satu Bank Syariah di Indonesia sebagai Pemohon Eksekusi di Pengadilan Agama Balikpapan telah melaksanakan sita eksekusi jaminan grosse akta hipotek 3 kapal laut atas perbuatan Wanprestasi yang dilakukan Termohon Eksekusi pada Perjanjian Pembiayaan Akad Murabahah.
Pelaksanaan Putusan Badan Arbitrase Syariah Nasional di Pengadilan Agama Kota Madiun
DSP Law Firm sebagai penerima kuasa dari Lembaga Keuangan Syariah telah mengajukan permohonan penyelesaian sengketa ekonomi syariah di Badan Arbitrase Syariah Nasional (Basyarnas) atas perbuatan Perbuatan Ingkar Janji (Wanprestasi) Fasilitas Pembiayaan dengan skema Akad Murabahah.
IJTIMA'SANAWI DAN SEMILOKA DSN-MUI 2019
Alhamdulillah bisa menghadiri dan menjadi salah satu narasumber pada acara Ijtima'Sanawi Dan Semiloka DSN-MUI 2019 di Hotel Aston Bogor.